Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kaget Disodori Biaya Overload Bagasi Hingga Rp 9 Jutaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 20 Juli 2018, 06:36 WIB
rmol news logo Abrar Ridha, mahasiswa Al-Azhar Kairo asal Aceh yang hendak kembali menuntut ilmu ke Mesir mengaku terkejut ketika petugas counter maskapai Etihad Airways menyodorkan tambahan biaya bagasi ketika check-in di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

Tambahan biaya bagasi yang tidak disangka-sangkanya itu lumayan besar untuk kantong seorang mahasiswa. Sementara sepengetahuan dia, jatah bagasinya masih tersisa.

"Di kuitansi Etihad tertulis 25+25 kg, padahal ketika ditimbang 44,7 kilogram," kisah Abrar.

Pihak counter, lanjut Abrar bersikukuh jatah bagasi yang disediakan maskapai asal Uni Emirat Arab tidak seperti yang tertera di kuitansi. Tanpa penjelasan yang memadai, mereka langsung menyodorkan tambahan biaya 625 dolar AS atau sekitar Rp 9.021.900.

"Pihak counter tidak menjelaskan bayar per kilo, dari overload 23 kilogram. Dia langsung mengatakan total bayarnya 625 dolar," ujarnya.

"Kenapa sebelum penerbangan tidak ada pemberitahuan dari Etihad kalau bagasi saya 23 kg, bukan 40 kg, sebelum berangkat, setelah refund," tutur Abrar.

Hingga saat ini, ia belum mendapatkan penjelasan yang memuaskan terkait peristiwa ini. Pihak travel yang dihubungi pun tidak dapat berbuat banyak. Mereka justru menyesalkan kejadian tersebut dan menduga petugas counternya telah melakukan kesalahan.

"Karena di airport itu banyak yang masih magang," penggalan rekaman percakapan pihak travel dengan Abrar.

Abrar yang terdesak dengan jam penerbangan, akhirnya tak punya pilihan lain. Ia terpaksa membayar biaya overload bagasi yang dipatok petugas counter Etihad tersebut.

"Dia menakuti saya dengan kata pesawat mau boarding. Bapak pilih bayar denda atau barangnya ditinggal. Karena di antara barang ada makanan ibu saya, akhirnya saya pilih bayar saja," tuturnya.

Pesawat Etihad Airways dengan nomor penerbangan EY475 yang ditumpangi Abrar dijadwalkan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 17.55 WIB pada tanggal 13 Juli lalu. Ia transit di Abu Dhabi kurang dari dua jam sebelum bertolak ke Kairo.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA