Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TRAGEDI SINAR BANGUN

Fadli Zon: Orang Sudah Sampai Bulan, Jenazah Korban Harus Bisa Diangkat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 03 Juli 2018, 19:07 WIB
Fadli Zon: Orang Sudah Sampai Bulan, Jenazah Korban Harus Bisa Diangkat
Fadli Zon
rmol news logo Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, ikut mengecam keputusan pemerintah menghentikan upaya mengangkat 164 jenazah korban tragedi KM Sinar Bangun di Danau Toba, Sumatera Utara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bahkan ia mengaku salut dengan perjuangan aktivis kemanusiaan, Ratna Sarumpaet, mendesak pemerintah agar tidak menghentikan pengangkatan bangkai kapal dan jenazah ratusan korban. Seperti diketahui, Ratna sempat terlibat perdebatan dengan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam acara pertemuan dengan keluarga korban di tepi Danau Toba kemarin.

"Saya kira Bu Ratna Sarumpaet ini hebat, luar biasa berani," ujar Fadli Zon di Gedung Nusantara III, Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/7).

Fadli menilai upaya pemerintah dalam upaya evakuasi korban masih belum maksimal. Apalagi, titik lokasi dan kedalaman kapal sudah ditemukan, tinggal dievakuasi.

"Evakuasi 450 meter memang itu cukup dalam, tapi kan orang sudah sampai ke bulan, masak di situ enggak bisa? Kalau enggak bisa, pemerintah Indonesia bisa minta bantuan negara lain," tegasnya.

Fadli berharap pemerintah memaksimalkan upaya pengangkatan jenazah korban. Menurut dia, 164 korban yang diduga masih terjebak bangkai kapal memiliki hak untuk dikebumikan dengan layak.

"Ini kan masalah 164 jasad. Mungkin saja keluarga mereka ingin dikuburkan dengan layak dengan baik," ucap Fadli. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA