Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rekomendasi Kongres Ulama Se-Jateng: Umat Islam Bersatu Menangkan Sudirman Said-Ida Fauziah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 23 Juni 2018, 14:40 WIB
rmol news logo Para ulama, tokoh muslim dan aktivis gerakan Islam mengajak umat muslim Indonesia, khususnya Jawa Tengah merapatkan barisan jelang pilkada serentak yang berlangsung 27 Juni mendatang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ada sejumlah rekomendasi yang dikeluarkan dalam pertemuan yang berlangsung di Gedung Purwo Hamijayan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Jumat malam (22/6) itu.

"Pilih sosok pemimpin yang bersih, yang tidak tersangkut kasus korupsi," kata ulama Keraton Kasunanan Surakarta, KH Ahmad Qomaruzzaman saat membacakan rekomendasi seperti diberitakan RMOLJateng, Sabtu (23/6).  

Para ulama juga merekomendasikan warga agar memilih pemimpin jujur, adil dan mencintai serta dicintai rakyatnya.

Ahmad menegaskan, ratusan keraton se-nusantara siap bersama-sama ulama menjaga keutuhan Indonesia.

"Pada situasi kondisi saat ini bangsa kita mengdadapi problem untuk bagaimana memilih pemimpin yang syari yang adil yang beradab,” lanjutnya

Silaturahmi dan Kongres Ulama se-Jateng itu bertema Jawa Tengah bangkit bersama ulama. Cara tersebut dihadiri sekitar seribu ulama dari berbagai organisasi Islam yang ada di Indonesia.

Ada Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, perwakilan Majelils Ulama Indoesia (MUI) Jateng,  cendekiawan muslim, aktivis Islam, dan tokoh masyarakat dari Majelis Cendikia Keraton Nusantara.

Lalu, Lembaga Samanhudi Cokroaminoto, Dewan Syariah Kota Surakarta, Laskar Umat Islam Surakarta, Majelis Ulama Karaton Nusantara, Alumni Persaudaraan 212, Majelis Ulama Kaaraton Nusantara, Komunitas Masjidku Makmur, Forum Silaturahmi Antar Masjid, Laskar Pembela Islam, dan Annas.

Kongres tersebut juga mengingatkan nasehat dan fatwa MUI 16 /2009 mengenai kriteria memilih pemimpin.

Kriteria itu adalah memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah, berkomitmen kepada Islam dan NKRI.

Kemudian, tidak terlibat dengan tindak pidana korupsi, terorisme dan narkoba, serta tidak sedang berurusan dengan KPK.

"Pemimpin juga tidak menjadi wakil dari partai-partai yang telah mendukung penistaan agama," tegasnya.

Kongres juga merekomendasikan  seluruh umat Islam menyatukan suara dalam Pilgub Jateng. Harus memilih calon dari umat Islam yang tidak terlibat dalam korupsi dan memiliki komitmen kepada moral dan akhlaq.

Dalam kaitannya dengan Pikada Jateng 2018, Kongres mengajak umat bersatu memenangkan pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

"Umat Islam harus bersatu, dan Insya Allah pasangan nomor Urut 2, Sudirman Said-Ida Fauziyah bisa membangun Jateng lebih baik," demikian KH Ahmad Qomaruzzaman. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA