Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Humas Istiqlal: Datang Sebelum Subuh Dan Tidak Buang Sampah Sembarangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 14 Juni 2018, 19:35 WIB
Humas Istiqlal: Datang Sebelum Subuh Dan Tidak Buang Sampah Sembarangan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Umat Islam yang hendak menunaikan Shalat Ied di Masjid Istiqlal diimbau untuk datang sebelum Shalat Subuh.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengatakan, kedatangan yang lebih awal itu perlu dilakukan agar jamaah bisa menunaikan shalat di dalam bangunan masjid terbesar se-Asia Tenggara itu. Mengingat diperkirakan sekurang-kurangnya 150 ribu jamaah akan hadir.

"Sebelum subuh sudah masuk. Parkirnya juga enak, dia di dalam. Tapi kalau datangnya pukul 05.30 habis salat subuh, atau jam 6, setengah 7, bersiap-siaplah mendapat saf di pelataran atau di luar, di basement atau di tempat parkir," katanya saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (14/6).

Tak hanya itu, pihaknya juga mengimbau agar jamaah yang menggunakan koran, tikar plastik sekali pakai dan alas lainnya untuk tidak meninggalkannya usai shalat.

"Bawa pulang lagi tikar itu. Kalau sudah tidak mau lagi silakan disimpan di tempat-tempat sampah yang telah kami sudah siapkan. Artinya usai pelaksanaan salat Idul Fitri, masjid tetap bersih, tetap indah untuk dilihat. Karena wisatawan asing non-muslim yang berkunjung ke Istiqlal pada saat hari raya juga banyak. Kalau kita membiarkan masjid kita ini kotor, yang malu bangsa Indonesia sendiri," urainya.

Bukan tanpa alasan, menurutnya, itu dilakukan karena jumlah petugas kebersihan yang bertugas di Masjid Istiqlal tidak sebanding dengan ratusan ribuan jamaah yang hadir.

"Artinya ini dibutuhkan partisipasi dari masyarakat, petugas kami sangat terbatas, mungkin tidak sampai ratusan. Yang datang ratusan ribu orang. Jadi kalau tidak dibantu masyarakat, masjid ini akan kotor," demikian Abu. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA