Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Keselamatan Pemudik Tergantung Pelayanan Pemda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 04 Juni 2018, 06:37 WIB
Keselamatan Pemudik Tergantung Pelayanan Pemda
Foto: Net
rmol news logo Dua minggu jelang lebaran dan libur sekolah, arus mudik akan memadati sejumlah kota di Jawa Tengah. Selain menjadi tujuan utama mudik, kota-kota di Jateng menjadi jalur utama menuju Provinsi Yogyakarta dan Jawa Timur.

Untuk itu perlu persiapan dan kesiapan pemerintah daerah baik provinsi dan kabupaten kota di Jateng menyambut tamu pemudik 2018.

Anggota DPR, Sutriyono mengatakan, pemerintah daerah memiliki peran penting dalam memperlancar arus mudik dengan tujuan atau yang melewati Jateng. Terutama kesiapan jalan dan penerangan jalan menjadi hal paling dasar yang harus mendapat perhatian pemerintah daerah setempat.

"Kita tidak bisa mengandalkan pemerintah pusat semata. Daerah yang dilewati pemudik harus mempersiapkan diri menyambut tamu dengan pelayanan terbaik," kata Sutriyono.

Legislator dapil Jateng III ini menambahkan pelayanan terbaik yang diberikan oleh pemda bisa mengurangi resiko kecelakaan. Jangan sampai kecelakaan yang terjadi karena faktor ketidaksiapan kondisi infrastruktur.

Untuk itu pemerintah daerah harus mempersiapkan infrastruktur dengan sebaik mungkin mengingat masih ada waktu untuk memperbaiki jalan dan penerangan umum yang rusak.

“Sebelum arus mudik harus sudah selesai. Masih ada waktu sekitar seminggu lagi untuk memperbaiki yang rusak. Jalan, penerangan jalan dan rambu - rambu harus mendapat perhatian serius," katanya.

Terkait keamanan menjadi hal penting untuk diperhatikan oleh pihak keamanan di daerah. Selain manusia dari Jakarta dan sekitarnya juga terjadi perpindahan uang dan proverti berupa kendaraan. Pemudik membutuhkan jaminan keamanan selama dalam perjalanan.

"Perjalanan pemudik banyak di waktu malam. Terutama pemudik yang menggunakan sepeda motor. Untuk itu jaminan keamanan penting diperhatikan," jelasnya.

Selain infrastruktur dan keamanan Sutriyono juga mengingatkan pelayanan kesehatan di sepanjang  jalur mudik harus tersedia. Pemda harus menyiapkan tenaga medis selama musim mudik. Terutama rumah sakit umum daerah harus siap sedia melayani pemudik.

Pelayanan yang diberikan kepada pemudik akan berbanding lurus pada geliat ekonomi di Jateng. Sektor kuliner, parawisata dan perhotelan akan mengalami peningkatan selama libur lebaran ini.

"Wajarlah ya, kalau pemerintah daerah melayani pemudik ini. Mereka kan membawa uang ke daerah. Ini akan berdampak pada perekonomian daerah," katanya. [wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA