Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sepuluh Hari Pertama Ramadhan Rumah Zakat Salurkan 40 Ribu Paket Bantuan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 31 Mei 2018, 12:59 WIB
Sepuluh Hari Pertama Ramadhan Rumah Zakat Salurkan 40 Ribu Paket Bantuan
Foto: Ist
rmol news logo Sepuluh hari pertama Ramadhan 2018, Rumah Zakat berhasil menyalurkan hampir 40.000 paket bantuan kepada para penerima manfaat.

Jumlah ini melonjak karena pada enam hari pertama baru mencapai 17.406 paket bantuan yang dikemas dalam Ramadhan Berdaya.

"Dari 39.177 paket tersebut, kami mendistribusikan 35.300 paket berbagi buka puasa, 1.475 paket kado lebaran yatim, 786 bingkisan lebaran keluarga dan 1.616 paket syiar Quran," jelas Chief Program Officer Rumah Zakat
Murni Alit Baginda, dalam pesan tertulisnya, Kamis (31/5).

Alit menambahkan dengan pencapaian itu, Rumah Zakat optimis mencapai target 174.000 penerima manfaat akan dapat merasakan program Ramadhan Berdaya tahun ini. Yang paling penting telah terjadi peningkatan signifikan dibanding tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah secara umum tumbuh diatas 30 persen dibanding Ramadhan tahun sebelumnya. Ini seiring tumbuhnya muzaki (pembayar zakat) perseorangan," jelas Direktur Marketing Rumah Zakat Irvan Nugraha, dikesempatan yang sama.

Wimbo Abendhono selaku Fasilitator Desa Berdaya Bligo, Magelang, Jawa Tengah mengaku terharu karena bisa membantu masyarakat dengan berbagai program pemberdayaan.

Menurutnya program berbagi buka puasa, syiar Quran, janda berdaya dapat memberi perhatian kepada masyarakat desa, khususnya para lansia.

"Saya merasa haru terutama melihat raut bahagia warga yang memang sangat membutuhkan dan sudah tua," kenang Wimbo.

Rumah Zakat saat ini menggenjot donasi melalui saluran online dalam bentuk non-tunai. Sebagai informasi, Rumah Zakat telah membukukan lebih dari 217.000 donatur berdonasi di tahun 2017. Tahun 2018 ini, dengan tajuk utama Ramadan Berdaya, Rumah Zakat memiliki target untuk mendistribusikan program yang dinamakan Berbagi Buka Puasa (BBP), Kado Lebaran Yatim (KLY), Bingkisan Lebaran Keluarga (BLK) dan Syiar Quran (SQ).

Selain itu, Ramadhan justru dijadikan ajang untuk mengokohkan program desa melalui bantuan agar mereka mandiri. Desa Berdaya sendiri adalah program unggulan yang sudah dijalankan sejak 2014 dan akan menjangkau 1.234 desa pada tahun ini.[nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA