Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perluas Wilayah, Palembang Ajak Banyuasin Barter Wilayah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 25 April 2018, 08:39 WIB
rmol news logo Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menawarkan opsi tukar guling dengan Kabupaten Banyuasin dalam rencana perluasan wilayah.  
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejateraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang, Sulaiman Amin menyampaikan tukar guling yang dimaksud adalah menukar wilayah Talang Buloh dengan Tegal Binangun.

"Selama ini warga Talang Buloh ingin masuk Banyuasin, dan Tegal Binangun ingin Palembang. Jadi kami tawarkan opsi yang sesuai keinginan masyarakat," jelasnya, Selasa (24/4/18)

Meski wilayah Talang Buloh lebih besar dari wilayah Tegal Binangun, opsi tukar guling ini dirasa lebih mewakili suara masyarakat di masing-masing wilayah.

Tegal Binangun secara administrasi kependudukan sudah berurusan di Kota Palemban. Sementara Talang Buloh administrasi kependudukannya Banyuasin, padahal masuk daerah Palembang.

"Atas dasar itu kami tawarkan kepada Pemerintah Kabupaten Banyuasin dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel," ulasnya seperti diberitakan RMOL Sumsel.

Pemkot Palembang sudah melakukan pengajuan perluasan wilayah Kota Palembang. Sesuai dengan perjanjian yang pernah disampaikan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) terkait perluasan wilayah ibukota provinsi tersebut.

Saat ini, ada tiga wilayah yang bersinggungan langsung dengan batas wilayah Palembang yakni Muaraenim, Banyuasin, dan Ogan Ilir. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA