Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Informasi Hoax Mematikan Demokrasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/soraya-novika-1'>SORAYA NOVIKA</a>
LAPORAN: SORAYA NOVIKA
  • Senin, 09 April 2018, 02:26 WIB
Informasi Hoax Mematikan Demokrasi
Ilustrasi/Net
rmol news logo Informasi bohong alias hoax tidak sehat bagi demokrasi bernegara. Informasi hoax juga merupakan bentuk pendangkalan terhadap nilai demokrasi itu sendiri.

Begitu dikatakan Direktur Eksekutif Indo Survey and Strategy (ISS), Hendrasmo dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (8/4).

"Tentu saja sudah jauh dari kebutuhan putusan yang sehat, dengan kata lain apa yang menjadi bahan untuk memutuskan oleh publik itu sudah merusak demokrasi itu sendiri, jadi kita ini sedang mengalami pendangkalan demokrasi," ujar dia.

Hal ini, menurut Hendrasmo adalah dampak dari manipulasi informasi alias hoax yang ditelan oleh partisipan politik dan dijadikan dasar mereka dalam memilih.

"Demokrasi itu mengandalkan partisipasi politik juga kualitas partisipasi politiknya, sedangkan kualitas tersebut tergantung dari informasi yang dimiliki partisipannya. Apa jadinya, kalau informasi yang dimiliki para pemilih, civil society kita, konstituen kita, itu yang sudah dimanipulasi alias hoax," ujar Hendrasmo.

"Hoax ini akan mematikan demokrasi pada akhirnya," sambungnya. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA