Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gertam Cabai, Cara Palembang Tekan Inflasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 05 April 2018, 22:24 WIB
rmol news logo Setiap daerah memiliki cara tersendiri dalam menekan angka inflasi yang terjadi. Utamanya dalam menghadapi inflasi yang diakibatkan beberapa kebutuhan pokok.

Di Kota Palembang, ada kegiatan bernama gerakan tanam (Gertam) cabai yang dilakukan pemerintah kota sebagai solusi mengurangi inflasi. Kegiatan itu mulai dilakukan pada hari ini, Kamis (5/4).

"Sejak tahun 2016, Gertam Cabai menjadi langkah Pemerintah untuk mengatasi inflasi disetiap daerah. Bahkan, program Urban Farming menjadi program rutin yang dilaksanakan Pemkot Palembang bekerjasama dengan Bank Indonesia," terangnya seperti dikutip RMOL Sumsel.

Dalam acara ini, Pemkot Palembang kembali memberikan sebanyak 6.000 polibek benih cabai yang dibagikan untuk ratusan rumah tangga di kawasan Gandus, melalui kelompok tani dan wanita tani.

"Hari ini adalah kegiatan simbolis, ke depan seluruh masyarakat di Kota Palembang dapat mengaplikasikannya secara mandiri di lingkungan rumahnya masing-masing," imbuhnya.

Kepala Dinas KPP Kota Palembang, Sayuti menerangkan bahwa kegitan Gertam Cabai juga merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pihaknya untuk mengembangkan pertanian di Palembang.

"Hari ini secara simbolis Pjs Walikota Palembang Akhmad Najib juga memberikan bantuan benih padi, pupuk, itik dan alat pertanian," ulasnya.

Benih padi dan pupuknya diberikan untuk penananam di lahan seluas 660 hektar. Sementara 1126 ekor itik diberikan untuk kelompok tani peternakan serta ada traktor roda empat, dua unit motor kaisar dan empat multivator untuk pengolahan lahan yang diberikan kepada balai penyuluhan pertanian,

"Melalui kegiatan ini kita berharap agar bantuan ini dapat terus berkesinambungan, sehingga masyarakat dapat terus melakukan pembiakan baik itik dan cabai serta tanaman lainnya untuk keperluan mereka," tandasnya. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA