Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banyuwangi Usulkan Pengadaan CPNS Tahun Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 19 Februari 2018, 17:51 WIB
Banyuwangi Usulkan Pengadaan CPNS Tahun Ini
RMOL
rmol news logo Pemerintah Kabupaten Banyuwangi tahun ini mengajukan usulan pengadaan pegawai negeri sipil (PNS) kepada pemerintah pusat.

Pengajuan untuk mengakomodir kebutuhan tenaga di lingkungan Pemkab Banyuwangi yang terus berkurang karena pensiun.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, tahun ini pihaknya telah mengusulkan formasi 750 CPNS baru ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Usulan tersebut saat ini tengah diproses oleh pemerintah pusat bersama daerah lain yang juga tengah mengusulkan.  

"Suratnya sudah kami kirim akhir Januari 2018 lalu. Semoga usulan Banyuwangi ini mendapat persetujuan dari Kemenpan," kata Anas dalam pidatonya dalam Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN), Senin (19/2).

Dijelaskan Anas, pengajuan itu sesuai dengan kebutuhan pemkab, di mana setiap tahun ratusan PNS pensiun. Tahun 2017 ada 554 PNS pensiun sedangkan tahun ini tercatat ada 504 PNS yang akan pensiun.

"Kalau di rata-rata tiap bulan ada lebih dari 40 PNS yang pensiun. Terakhir kita melakukan rekrutmen CPNS pada tahun 2013, sehingga wajar bila tahun ini kita mengajukan usulan ke pusat," jelasnya.

Anas melanjutkan, formasi yang diajukan adalah dari kalangan tenaga pendidikan, kesehatan dan fungsional umum. Dari ketiga bidang itu, yang paling banyak formasi yang diajukan adalah guru, khususnya Sekolah Dasar. Ini karena yang paling banyak pensiun guru SD. Sedangkan di bidang kesehatan yang dibutuhkan tenaga dokter umum, dokter spesialis, dan perawat.  

"Pemkab tidak hanya membutuhkan lulusan sarjana namun juga lulusan sekolah vokasi, mulai lulusan Sekolah Menengah Kejuruan hingga lulusan diploma. Karena kita sebenarnya juga butuh tenaga-tenaga trampil siap pakai dari lulusan vokasi tersebut dengan kualifikasi tertentu," papar Anas.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Banyuwangi Sih Wahyudi menambahkan, usulan formasi CPNS telah diajukan pada 30 Januari lalu.

"Sudah kita kirim suratnya ke Kemenpan RB. Kalau disetujui maka ini akan kita buka untuk rekrutmen 2018. Biasanya, untuk penerimaan CPNS pada akhir triwulan empat. Mudah-mudahan yang kita usulkan ini lolos dan disetujui pusat," jelasnya.

Lanjut Sih, jumlah personil PNS yang ada di Banyuwangi sendiri sampai dengan 12 Februari 2018 tinggal 10.856 orang. Yang terbagi atas 6384 PNS adalah guru dan 4472 non guru. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA