Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BLK Las Condet Solusi Tekan 5,77 Persen Pengangguran Ibukota

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 11 Februari 2018, 03:14 WIB
rmol news logo . Angka pengangguran di DKI Jakarta diperkirakan kurang lebih 5,77 persen dari jumlah total penduduk ibukota. Jumlah tersebut melebihi keadaan angka pengangguran secara nasional. Masalah ini membawa dampak yang kompleks bagi pemerintahan Jakarta.

Oleh karena itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan harus membuat terobosan baru terhadap upaya membangun Sumber Daya Manusia atau melakukan pemberdayaan masyarakat.

Salah satunya adalah dengan memberikan keterampilan bagi pemuda di Pusat Pelatihan Kerja Khusus Pengembangan Las (PPKKPL) atau dikenal dengan nama Balai Latihan Kerja (BLK) Daerah Jakarta. Sehingga, dapat mengurangi angka pengangguran yang begitu memprihatinkan tersebut.

Begitu disampaikan oleh Direktur Pusat Studi Pembangunan Perkotaan, Rudy Darmawanto dalam seminar "Jakarta Untuk Siapa?" di salah satu kampus beberapa waktu lalu.

Rudy yang juga tokoh pemuda dan mantan aktivis Jakarta itu, mengatakan bahwa program OKOC gubernur DKI juga harus dapat diarahkan untuk dapat membantu masyarakat Jakarta. Khususnya kaum muda Jakarta untuk mendapatkan keterampilan khusus.

Sementara itu, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jakarta Timur (Jaktim), Abdurauf Haulani memberikan apresiasinya kepada BLK Condet Disnaker ini.

Tokoh Pemuda Jaktim ini mengatakan, terkait pentingnya keberadaan BLK Condet Disnaker bagi KNPI. Dia mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama ini karena dapat memberikan ketrampilan bagi para Pemuda baik yang ada di KNPI, Pemuda Pancasila, FBR, Karang Taruna dan OKP serta ormas lainnya.

"Saya berharap di tahun yang akan datang Kepala BLK condet Pak Rudolf Tambunan atau Pak Kadis Nakertrans DKI Jakarta memberikan kesempatan yang lebih banyak lagi bagi pemuda Jakarta dalam rangka mengurangi pengangguran," ujarnya dalam siaran persnya, Sabtu (10/2) malam.

Diketahui, BLK Las Condet merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi DKI Jakarta yang berlokasi di Condet Jakarta Timur. Dengan mengikuti Pelatihan di BLK ini peserta akan dijamin penempatan kerja sampai berhasil oleh Bursa Kerja Khusus (BKK) selama memiliki kemauan untuk bekerja.

Selain itu, ilmu yang dipelajari di BLK Jakarta juga bisa menjadi modal utama untuk usaha mandiri atau wirausaha.

Sementara, persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat mengikuti Pelatihan ini adalah, Pria atau Wanita Warga Negara Indonesia. Khususnya penduduk DKI Jakarta yang memiliki KTP DKI Jakarta atau Surat Keterangan Domisili dari RT RW setempat. Selan itu juga, harus sehat jasmani dan rohani. Serta tidak buta warna, dan berkelakuan baik, berumur minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA