Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga Temukan Situs Alas Trik Peninggalan Majapahit

Rabu, 07 Februari 2018, 21:56 WIB
Warga Temukan Situs Alas Trik Peninggalan Majapahit
Net
rmol news logo Warga berdatangan untuk melihat dari dekat lokasi penemuan susunan batu bata yang diduga sebagai Situs Alas Trik di Dusun Klinter RT 06 RW 03, Desa Kedung Bocok, Sidoarjo, Jawa Timur.

Salah seorang warga Sidoarjo bernama Alfian mengatakan dirinya sengaja datang karena penasaran dengan informasi yang beredar di media sosial.

"Sejak ada di media sosial beberapa waktu lalu. Saya bersama teman-rekan datang ke tempat ini untuk membuktikan apakah benar ada penemuan situs tersebut," katanya di Sidoarjo, Rabu (7/2).

Menurut Alfian, peninggalan zaman bersejarah khususnya pada saat Kerajaan Majapahit itu memang harus dijaga keberadaannya supaya tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

"Oleh karena itu, peran serta dari pemerintah daerah setempat harus dimaksimalkan, supaya keberadaan situs ini bisa dijaga dan dilestarikan," jelasnya.

Alfian berharap, apa yang sudah ditemukan di wilayah ini bisa dipergunakan sebagai tempat pendidikan bagi anak-anak yang ada di Kabupaten Sidoarjo dan juga dari wilayah yang lainnya.

"Dengan demikian, anak cucu nantinya bisa mengetahui tentang sejarah dan juga peninggalan dari masa kerajaan dahulu dalam hal ini adalah Kerajaan Majapahit," papar Alfian.

Sebelumnya, warga Desa Kedung Bocok menemukan sebuah susunan batu bata yang diduga sebagai Situs Alas Trik peninggalan Majapahit.

Kepala Desa Kedung Bocok Mochamad Ali Ridho mengatakan, penemuan situs sudah sejak sepekan lalu secara tidak sengaja saat ada warga yang akan menanam ketela.

"Saat itu, Paiman salah seorang warga kami akan menggali tanah yang akan digunakan untuk menanam ketela, namun saat menggali tanah tersebut tiba-tiba cangkulnya mengenai batu bata. Dan kemudian setelah digali ternyata berupa batu bata yang tersusun rapi," bebernya, sebagaimana dikutip Antara. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA