Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemkab Sidoarjo Akan Beri Bantuan Perbaikan 754 Rumah Yang Dihantam Puting Beliung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Jumat, 24 November 2017, 03:47 WIB
Pemkab Sidoarjo Akan Beri Bantuan Perbaikan 754 Rumah Yang Dihantam Puting Beliung
Foto/Humas BNPB
rmol news logo . Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus melakukan pendataan dampak puting beliung yang menerjang Desa Tambakrejo, Desa Tambak Sumur dan Desa Tambak Sawah di Kecamatan Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Data sementara terdapat 754 unit rumah mengalami kerusakan akibat puting beliung, Rabu (22/11), dimana 606 unit rumah rusak yaitu di Desa Tambak Sumur 128 unit rusak, di Desa Tambak Rejo 576 unit rumah dan di Desa Tambak Sawah 50 unit rumah. Selain itu ada tujuh bangunan fasilitas umum rusak.

"Sebanyak 36 orang luka ringan dan telah kembali ke rumahnya," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Kamis malam (23/11).

Pada Rabu malam terdapat 100 jiwa mengungsi di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum. Namun pada siang sebagian kembali ke rumahnya untuk membersihkan rumahnya.

Sebagian besar kerusakan berupa atap rumah yang roboh. Ada juga rumah yang rusak berat kondisinya.

Sekitar 350 personil dari BPBD Sidoarjo, BPBD Jawa Timur, TNI, Polri, Satpol PP, Linmas dan relawan membantu masyarakat yang menderita akibat puting beliung. Atap rumah yang rusak untuk sementara ditutup terpal. BPBD Jatim telah mendistribusikan 500 lembar terpal, 100 lembar selimut, 150 unit sandang dan family kid.

"Makanan siap saji juga telah dibagikan kepada korban," ujar Sutopo.

Nantinya Pemda Sidoarjo akan memberikan bantuan perbaikan kerusakan rumah kepada masyarakat yang terdampak. Sesuai peraturan daerah (perda) setempat bantuan untuk rumah rusak ringan maksimum Rp 5 juta, rusak sedang maksimum Rp 10 juta, rusak berat maksimum Rp 20 juta dan rusak total maksimum Rp 30 juta.

"Saat ini masih dilakukan pendataan," pungkas Sutopo. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA