Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ketua Umum PWI: Saat Ini Mencari Berita Yang Berisi Kebenaran Butuh Proses

LAPORAN:
  • Jumat, 03 November 2017, 21:20 WIB
Ketua Umum PWI: Saat Ini Mencari Berita Yang Berisi Kebenaran Butuh Proses
Ketum PWI/RMOL
Masyarakat Indonesia sedang hidup di zaman yang sulit membedakan antara berita bohong dan benar.

Demikian dikatakan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Margiono dalam Seminar Nasional Pra HPN Sumatera Barat 2018 bertema "Pers Sebagai Alat Pemersatu Bangsa" di Alahan Panjang Resort, Kabupaten Solok, Sumatera Sumatera Barat, Jum'at (3/11).

Margiono kemudian memberikan satu contoh, ketika ada suatu kejadian pembunuhan lalu polisi mengatakan dan menunjuk orang yang akan menjadi tersangka. Maka masyarakat tidak serta merta bisa menjadikan pernyataan tersebut sebagai fakta.

"Bahkan pernyataan (polisi) itu harus ada keputusan yang kuat, melalui pengadilan misalnya dengan sebelumnya mendapat penjelasan pakar dan ahli. Dengan tidak jarang masih ada banding, artinya mencari berita yang berisi kebenaran itu prosesnya panjang," jelasnya.

Ia pun mengakui bahwa kebingungan terhadap kebenaran terhadap suatu berita atau informasi kemudian memunculkan istilah hoax atau kabar bohong. Namun demikian, menurut dia, perlu dibedakan mana hoax yang jelas berisi kabar bohong atau kabar burung yang kebenarannya perlu dipertanyakan.

"Ketika masyarakat bingung menentukan kabar yang diterima itu benar atau salah, bagi saya itu bukanlah hoax tetapi hanya kabar burung," demikian Margiono.[san]
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA