Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dispertan Bengkulu Selatan Rampungkan 30 JSP Di 2017

Rabu, 01 November 2017, 21:18 WIB
rmol news logo Sepanjang tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan merampungkan pembangunan 30 Jalan Sentra Produksi (JSP) di kawasan sentra tanaman pangan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Melalui Dinas Pertanian dan Peternakan JSP yang dibangun pemerintah daerah, lokasi kawasan sentra tanaman pangan tidak dapat dijangkau dengan kendaraan pengangkut hasil pertanian. Sehingga mengakibatkan hasil pertanian terkendala dikeluarkan dan dijual.

Peningkatan pembangunan 30 jalan usaha tani terletak di Kecamatan Seginim, Kedurang dan Pino Raya.

"Tahun 2017 ini, sebanyak 30 lokasi jalan usaha tani telah rampung," ujar Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan Sri Hartati seperti diberitakan RMOLBengkulu.com, Rabu (1/11).

Diungkapkan Sri, anggaran perampungan pembangunan 30 ruas JUT dalam kawassn pertanian tanaman pangan tersebut bersumber dari dana aspirasi DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan sebesar Rp 5 miliar.

"Dengan adanya jalan usaha tani, maka pengeluaran biaya produksi masyarakat dapat ditekan," terang dia.

Setiap masa panen masyarakat selalu mengeluarkan biaya angkut hingga Rp 25 ribu per karung gabah. Akan tetapi setelah jalan usaha tani selesai dibangun, maka kendaraan pengangkut pun masuk sehingga menekan biaya produksi masyarakat menjadi Rp 10 ribu per karung.

"Itu artinya, masyarakat dapat menghemat anggaran produksi hingga Rp 15 ribu per karung gabah. Dengan begitu, tingkat kesejahteraan petani mengalami perubahan positif," kata Sri.

Lebih lanjut ia menjelaskan, membangun 30 ruas JSP bukanlah perkara gampang. Mengingat masyarakat menginginkan adanya ganti rugi lahan dan tanaman yang rusak akibat pembangunan jalan tersebut.

"Masalah itu menjadi kendala utama kami di lapangan, sebab anggaran ganti rugi tidak ada. Pembangunan jalan ini adalah murni untuk menunjang perekonomian masyarakat desa," jelasnya.

Selain pembangunan jalan usaha tani, Dinas Pertanian dan Peternakan juga melakukan upaya modernisasi pertanian di Bengkulu Selatan dengan memberikan bantuan berupa alat pertanian dan benih kepada masyarakat. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA