Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pameran Arsip Borobudur Untuk Masuk Memori Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 10 Oktober 2017, 12:24 WIB
rmol news logo Arsip Pemugaran Candi Borobudur tahun 1973-1983 pada tahun ini diusulkan ke organisasi dunia UNESCO untuk menjadi Memory Of The World (MOW).

Direktur Warisan dan Diplomasi Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nadjamuddin Ramly berharap arsip pemugaran Candi Borobudur yang saat ini tengah diajukan sebagai arsip MOW bisa lolos dan menjadi bagian dari ingatan dan kolektif dunia.

"Sehingga bukan hanya candinya saja yang menyandang predikat warisan budaya dunia, tetapi juga arsip pemugarannya menjadi Memory Of The World," ujarnya saat talkshow dan pembukaan pameran Arsip Candi Borobudur di Museum Nasional, Jakarta, Selasa (10/10).

Dia menambahkan, Candi Borobudur pernah mengalami beberapa kali pemugaran baik skala kecil maupun besar. Akan tetapi para pengunjung tahunya bahwa Candi Borobudur ditemukan pertama kali sudah dalam keadaan utuh.

Pameran seperti ini diharapkan dapat memberi pemahaman kepada masyarakat umum bahwa Candi Borobudur ditemukan pertama kali dan mendapat perhatian di zaman pemerintahan Inggris.

"Jadi dalam keadaan rusak dan pernah mengalami pemugaran beberapa kali," tutur Nadjamudin

Pameran Arsip Candi Borobudur ini digelar dalam rangka rangkaian Workshop Finalisasi Dokumen Nominasi Arsip Borobudur sebagai MOW yang digelar di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta pada tanggal 17-18 Mei 2016. Dari hasil ini kemudian diajukan ke UNESCO.

Adapun kegiatan pameran Akan berlangsung 10-15 Oktober 2017, dengan bermacam rangkaian kegiatan seperti Talkshow dan launching Borobudurpedia.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA