Tim Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika Sempat Diserang Badai Salju Dan Angin Kencang

Selasa, 03 Oktober 2017, 13:40 WIB
Laporan: Dar Edi Yoga

Foto/Net

. Setelah bermalam di Lembah Danau-Danau, Tim Ekspedisi Bhineka Tunggal Ika saat ini telah mencapai Glaster Puncak Jaya di ketinggian 4.600 mdpl dan tengah mempersiapkan pemasangan banner ukuran raksasa berupa logo HUT ke 72 TNI.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Ekspedisi Bhineka Tunggal Ika, Hendrata Yudha melalui telepon satelit, Selasa, (3/10).

"Cuaca di sekitar pendakian sering berubah-rubah, dan kami sempat mengalami badai salju dan angin kencang," ujar Hendrata.

Kendala yang dihadapi dalam pendakian Carstensz, jelas Hendrata, adalah suhu dingin dan angin basah yang sering disertai hujan. Namun tidak menyurutkan semangat para pendaki untuk mengibarkan bendera Merah Putih di Puncak Carstensz dan juga membentangkan beberapa banner TNI di atas hamparan salju Puncak Jaya.

"Glaster di Puncak Jaya dalam pengamatan kami sudah berkurang sekitar 2 meter dibandingkan tahun 2015 ketika kami kemari," jelas Syahtiri, anggota dari TRAMP yang menjadi tim pengamanan tehnik pendakian.

Tim Ekspediai Bhinneka Tunggal Ika terdiri dari pendaki tunadaksa dunia Sabar Gorky, 32 anggota Brigif 20/IJK Kodam XVII/Cenderawasih, Elpala SMA 68, jurnalis dari RMOL, Reportase News, CNN, Transtv, Trans7, Serikat Media Siber Indonesia, Mapalasta Makasar, serta  organisasi pemuda pecinta alam TRAMP saat ini dalam kondisi prima.

"Sabar Gorky dan para pendaki lainnya, Rabu pagi akan menuju Lembah Kuning untuk persiapan summit attack menuju Puncak Carstensz Pyramid," ujar Hendrata Yudha.

Kegiatan yang difasilitasi oleh PT Freeport Indonesia dan didukung oleh Artha Graha Peduli, Asabri, Pegadaian, dan REI ini dipimpin langsung oleh Komandan Brigif 20/IJK Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf. Frits W.R Pelamonia didampingi Danyonif 754/ENK Letkol Inf. Johanis Parinussa. [rus]

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019