Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga Pulau Liran Kini Bisa Nikmati Layanan Telekomunikasi

Selasa, 08 Agustus 2017, 18:54 WIB
Warga Pulau Liran Kini Bisa Nikmati Layanan Telekomunikasi
RMOL
rmol news logo Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Alex J. Sinaga, Bupati Maluku Barat Daya Barnabas Orno, dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo meresmikan pengoperasian Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel di Desa Ustutun, Pulau Liran, Maluku Barat Daya pada Senin kemarin (7/8).

Berkat kehadiran BTS Telkomsel, kini warga Pulau Liran tidak lagi mengalami kesulitan dalam akses internet dengan sinyal 3G. Pulau Liran yang terletak di utara Timor Leste adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang merupakan bagian dari Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Selama ini, sebagian kecil warga Pulau Liran hanya dapat menikmati jaringan telekomunikasi seluler Telkomsel dengan tarif roaming internasional. Sehingga, pengoperasian BTS di pulau berpenduduk sekitar 1.118 jiwa itu menjadi wujud kepedulian BUMN khususnya TelkomGroup sebagai upaya membuka akses telekomunikasi masyarakat di Kawasan Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T).

Menteri Rini mengatakan bahwa kehadiran BUMN di Maluku Barat Daya merupakan perwujudan komitmen BUMN dalam melaksanakan amanat Nawacita pemerintahan Presiden Joko Widodo. Terutama untuk mendorong kemajuan dan perkembangan Kawasan 3T.

dalam kesempatan kunjungan kerja tersebut, Rini juga menyerahkan bantuan Broadband Learning Center (BLC) dan Pustaka Digital (PaDi) yang dibangun Telkom di SMP PGRI Moa, Pulau Moa. Rini berdialog dengan sejumlah siswa serta langsung mencoba mengakses dan menggunakan aplikasi PaDi. Dia meminta agar fasilitas BLC dan PaDi dapat benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh para siswa.

"Melalui BLC kini siswa-siswi di Pulau Liran dapat belajar menggunakan internet secara optimal untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Selain itu, siswa-siswi juga dapat mengakses buku, jurnal-jurnal pembelajaran dan sumber pengetahuan lain secara virtual melalui PaDi. Manfaatkanlah fasilitas membaca melalui digital. Dengan banyak membaca, kita bangsa Indonesia pasti akan jaya dan bisa menguasai dunia," pesan Rini dalam keterangannya, Selasa (8/8).

Dirut PT Telkom Alex J. Sinaga berharap agar tersedianya akses telekomunikasi di Pulau Liran mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Sesuai dengan hasil riset Bank Dunia pada 2015 bahwa pertumbuhan 10 persen akses internet di suatu negara dapat meningkatkan perekonomian sebanyak 1,35 persen. Sehingga, dengan hadirnya jaringan Telkomsel kegiatan komunikasi antar masyarakat Indonesia dari satu pulau ke pulau lainnya diharapkan bisa berjalan dengan baik. Kami juga berharap, kehadiran TelkomGroup di Kabupaten Maluku Barat Daya ini dapat turut meningkatkan taraf perekonomian penduduk di sini," jelas Alex.

Selain meresmikan BLC dan BTS di Pulau Liran, Menteri Rini juga menyerahkan sejumlah bantuan, antara lain bantuan renovasi gereja, sekolah, bantuan peralatan sekolah, mobil angkutan desa dan hasil bumi, renovasi perumahan, elektrifikasi rumah warga, sekolah dan lampu jalan, pembangunan sumur bor dan MCK, serta rehabilitasi perumahan guru.

Terlibat dalam kegiatan tersebut sejumlah BUMN yakni Telkom, BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, Jasa Raharja, Kimia Farma, Pertamina, PLN, dan Taspen. Pembangunan di Pulau Liran juga diharapkan dapat terlaksana dengan optimal atas dukungan BUMN sektor transportasi dan logistik yakni Pos Indonesia, Pelni dan ASDP. [wah/***] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA