Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gerakan Masyarakat Sipil Menambah Denyut Kemanusiaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 16 Mei 2017, 17:51 WIB
Gerakan Masyarakat Sipil Menambah Denyut Kemanusiaan
Foto: GerakBareng Communtiy
rmol news logo Maraknya fenomena gerakan filantropi masyarakat yang beberapa waktu terakhir menuai kontroversi hingga menarik simpati pemerintah untuk mengubah regulasi UU tentang Pengumpulan Barang.

Berkaitan hal itu, GerakBareng Community berinisiatif menggelar diskusi publik bertajuk 'Menimbang Gerakan Masyarakat Sipil Indonesia' di Sultana Restaurant, Bogor.

Diskusi ini menghadirkan Erie Sudewo (Social Entrepreneur), Arifin Purwakananta (Direktur BAZNAS), Bayu Gawtama (Founder Sekolah Relawan), dan Ahmad Zaki (Founder Gerak Bareng Community) sebagai pembicara serta Iman Surahman (Founder Dongeng Ceria) sebagai moderator.

Dalam kesempatan itu, para pembicara menekankan pentingnya masyarakat untuk mengambil peranan guna menuntaskan permasalahan sosial kemanusiaan di masyarakat.

Founder GerakBareng Community, Ahmad Zaki menyatakan banyak permasalahan sosial kemanusiaan di masyarakat yang kini menjadi pekerjaan rumah (PR) bangsa ini.

"Ini bukan tentang tanggung jawab pemerintah. Tapi ini tentang bagaimana kita mengambil peran dan fungsi soaial di masyarakat. Menyelesaikan bersama dan mejadi solusi dari setiap permasalahan di masyarakat," terangnya.

Founder Dongeng Ceria, Iman Surahman di tempat yang sama, berharap berkumpulnya para elemen masyarakat yang peduli pada setiap masalah kemanusiaan, akan menambah denyut kemanusiaan semakin marak.

"Semakin banyak kelompok, individu dan komunitas kemanusiaan yang bergerak maka dengan sendirinya akan menekan masalah-masalah sosial. Karena untuk masalah kemanusiaan ini, kita tidak bisa sepenuhnya bersandar pada pemerintah sebagai pemangku adat kebijakan negara, juga tidak bisa mengandalkan kekuatan lembaga kemanusiaan yang tersebar di mana-mana jika setiap individu di antara kita abai dan mengabaikan setiap kasus sosial yang ada disekitar kita," urainya.

Lebih lanjut, kegiatan diskusi publik ini tidak hanya menekankan pembahasan masyarakat secara umum untuk aktif mengambil peranan terhadap permasalahan sosial dan kemanusiaan di lingkup kecil atau pribadi, sambutan positif juga disampaikan oleh

Social Entrepreneur, Erie Sudewo yang turut hadir menyambut positif acara yang diselenggarakan GerakBareng.

"Kegiatan ini dapat menyatukan kerumunan menjadi barisan. Apalagi bila nantinya dilembagakan. Dari sini sinergi bisa dimulai, apabila sebelumnya masing-masing pribadi, sekarang bisa bergandengan tangan. Yang namanya kerumunan dibariskan, visi dibuat, kekuatan di samakan, dan langkah diatur, ini akan menjadi kekuatan yang luar biasa," tuturnya.[wid] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA