Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Puasa, Angka Inflasi Sudah Sesuai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 02 Mei 2017, 19:59 WIB
Jelang Puasa, Angka Inflasi Sudah Sesuai
Net
rmol news logo Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa inflasi April 2017 sebesar 0,09 persen sudah searah dengan tujuan pemerintah. Yang mana, pemerintah saat ini terus mengantisipasi adanya dampak dari kenaikan komponen administered prices atau harga yang diatur yang sudah terjadi sejak bulan Januari.

Menurut Kepala BPS Suhariyanto, inflasi tersebut sangat dijaga betul oleh pemerintah lewat pengendalian harga-harga komponen lainnya. Agar ketika akhir tahun inflasi tahunannya tidak melebihi batas yang ditargetkan pemerintah dan Bank Indonesia yakni 4 plus minus 1 persen.

"Inflasi 0,09 persen April ini saya pikir sangat sesuai dengan apa yang ingin dicapai pemerintah. Dari awal kita tahu bahwa pada 2017 ini nanti tantangan terberat adalah kenaikan adminstered prices. Karena adanya kenaikan tarif listrik di Januari, Maret dan Mei," jelasnya di Gedung BPS, Jalan Sutomo, Jakarta (Selasa, 2/5).

Dia menambahkan, pada awal tahun, pemerintah sudah menyiapkan untuk menahan kenaikan inflasi administered prices. Maka harus ada pengendalian pada komponen bahan makanan. Pasalnya, kenaikan harga bahan makanan seringkali memberikan andil besar terhadap inflasi.

"Jadi, kalau dilihat betul bahwa inflasi administered prices tinggi. Namun masih mampu ditahan oleh deflasi, oleh bahan makanan. Harga beberapa bahan makanan turun. Saya pikir 0,09 persen baik sekali, terutama kalau ingat bahwa bulan ini sudah masuk bulan puasa," demikian Suhariyanto. [wah]   

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA