Ketua PWI Lampung Dampingi Anggotanya Laporkan Kasus Salah Tangkap

Jumat, 17 Maret 2017, 23:14 WIB
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Supriyadi Alfian mendampingi proses pelaporan anggotanya Yudi Irawan ke Propam Polda Lampung, Jumat malam (17/3). Guna memastikan proses hukum berjalan sesuai aturan.

Yudi Irawan yang merupakan wartawan Trans Lampung turut didampingi tim pengacara LBH Bandar Lampung. Terkait insiden penangkapannya saat meliput penangkapan pelaku pengrusakan kantor Polsek Tegineneng. Selain ditangkap dan dilarang meliput, telepon genggam milik Yudi juga disita oleh seorang polisi wanita Kompol Meli. Polwan itu juga yang meminta Yudi untuk melapor lebih dulu ke Polda Lampung sebelum melakukan peliputan.

Supriyadi memastikan bahwa pihaknya akan membela dan melindungi para anggotanya yang rawan menerima perlakuan tidak senonoh saat menjalankan tugas jurnalistik. PWI Lampung menyayangkan tindakan anggota Polres Pesawaran atas penangkapan terhadap Yudi.

Untuk itu, PWI Lampung juga meminta Polres Pesawaran melakukan klarifikasi atas kejadian salah tangkap terhadap Yudi.

"Meliput kejadian seperti penangkapan itu tentunya menghasilkan berita yang valid dan aktual. Kenapa wartawan ikut ditangkap," kata Supriyadi, seperti dikutip Inilampung.com.

Menurutnya, apa yang dilakukan Yudi dengan meliput langsung kejadian penangkapan pelaku pengrusakan merupakan tugas wartawan yang luar biasa.

Supriyadi menambahkan, meski Yudi sudah dibebaskan, polisi tetap harus menjelaskan alasan penangkapannya. Lantaran menunjukkan kartu identitas saat bertugas meliput. [wah]
EDITOR:

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019