Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puting Beliung Yogyakarta, Seorang Petani Meninggal Tertimpa Bangunan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Jumat, 06 Januari 2017, 06:54 WIB
rmol news logo . Hujan deras disertai puting beliung menerjang beberapa daerah di Provinsi Yogyakarta, Kamis kemarin (5/1).

Daerah yang paling terdampak adalah Kabupaten Sleman, disusul Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Gunungkidul.

"Puting beliung menyebabkan banyak pohon tumbang menimpa rumah, kendaraan di jalan, dan tiang listrik," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho

Dampak yang ditimbulkan, satu orang meninggal dunia, 25 rumah rusak, 37 pohon tumbang, dua titik jaringan listrik tergangu, tiga fasilitas umum rusak, sembilan akses ruas jalan terganggu, serta tiga mobil dan satu sepeda motor rusak.

Sutopo menceritakan, seorang petani yang sedang berteduh di gazebo setengah jadi tertimpa bangunan roboh di area persawahan Klepu, Sleman. Bangunan tidak kuat menahan hujan deras disertai angin kencang.

"Korban bernama Suwandi (65) warga Sumberanto RT/RW 3/7 Sumberagung, Moyudan, Sleman," ungkapnya.

Tim Reaksi Cepat BPBD Sleman bersama TRC BPBD DIY, Komrel JKM, Polsek, Koramil, relawan dan masyarakat telah melakukan penanganan dampak bencana. Penanganan wilayah Sleman, telah didirikan Posko lapangan di Balai Desa Sumberadi, Mlati dikomandani Mayor Infantri Totok.

"Dan untuk wilayah Kota Yogyakarta, Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul langsung ditangani dari BPBD setempat," ujar Sutopo. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA