Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Dusun Di Pangandaran Diterjang Puting Beliung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Kamis, 13 Oktober 2016, 07:43 WIB
Dua Dusun Di Pangandaran Diterjang Puting Beliung
Foto/BNPB
rmol news logo . Sebanyak 172 unit rumah di Dusun Astamaya dan Dusun Bojong Salawe, Desa Karang Jaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, rusak akibat diterjang bencana puting beliung. Bencana puting beliung menerjang dua dusun itu  terjadi pada pukul 14.00 WIB, Rabu (12/10).

Di Dusun Astamaya. RT. 05/RW. 07: empat unit rumah rusak berat (RB), dan 24 unit rumah rusak ringan (RR), dengan total kerusakan rumah sebanyak 28 unit. RT. 06/RW. 07: empat unit rumah RB, dan 41 unit rumah RR, dengan total kerusakan rumah sebanyak 45 unit. RT. 03/RW. 01: dua unit rumah RB, dan 40 unit rumah RR, dengan total kerusakan rumah sebanyak 42 unit. RT. 02/RW. 01: empat unit rumah RB, dan 38 unit rumah RR, dengan total kerusakan rumah 42 unit.

"Di Dusun Astamaya jumlah korban terdampak 157 kepala keluarga," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Kamis (13/10).

Sementara di Dusun Bojong Salawe. RT. 01/RW. 01: dua unit rumah RR), dan satu unit rumah RB. RT. 02/RW. 04: tiga unit rumah RS. RT. 01/RW. 04: delapan unit rumah RS, satu unit musholla RS, dan satu unit rumah RB.

"Di Dusun Bojong Salawe jumlah korban terdampak 15 kk atau 42 jiwa," kata Sutopo.

Sutopo menambahkan, puting beliung tersebut juga banyak menumbangkan pohon dan meninmbulkan kerusakan.

Adapun upaya penanggulangan, BPBD Pangandaran telah melakukan evakuasi korban dan mendirikan tenda pengungsian, mendirikan dapur umum di Dusun Astamaya, dan telah berkoordinasi dengan PLN untuk memutuskan aliran listrik sementara di lokasi kejadian.

"Tidak ada korban jiwa dari puting beliung tersebut," tukas Sutopo. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA