Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DKI Pastikan Angke Bebas Banjir Rob Akhir 2016

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 14 Juli 2016, 18:02 WIB
rmol news logo Pemerintah DKI Jakarta menjamin, kawasan Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan Jakarta Utara (Jakut) akan bebas banjir rob, di akhir tahun 2016 ini. Pasalnya, pemasangan sheetpile (turap) di kawasan langganan banjir tersebut diperkirakan rampung, November mendatang.

"Pemasangan tanggul diharapkan  dapat mencegah air tidak naik ke daratan di wilayah tersebut. Rencananya, November nanti selesai," ujar Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta, Liliek Litasari, Kamis (14/7).

Teknisnya, pemasangan sheetpile akan difokuskan mulai dari kolam limbah di samping pasar grosir menuju ke arah mangrove.
‎
Kawasan tersebut, diketahui cukup rentan dan kerap terkena imbas banjir rob. Saat ini, sudah dilakukan upaya sementara dengan menumpuk materi sheetpile di lokasi tersebut agar air tidak masuk ke daratan.

Sheetlile yang akan dipasang rencananya akan menjangkau hingga 1.291 meter dengan ketinggian 3,283 meter. Selain pemasangan sheetpile, akan dibuat kanal selebar 10 meter ke arah mangrove untuk melestarikan tanaman yang ada di sana.

"Setelah dibangun sheetpile, tanah di lokasi juga akan diuruk agar bisa dilakukan penataan pedagang, parkiran dan lainnya," pungkas Liliek. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA