Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PILKADA PESISIR BARAT 2015

Pasangan Oking TOP Kampanyekan Mitigasi Bencana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Minggu, 02 Agustus 2015, 07:49 WIB
Pasangan Oking TOP Kampanyekan Mitigasi Bencana
Oking Ganda Miharja/net
rmol news logo Calon Bupati Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, Oking Ganda Miharja mengatakan, program mitigasi bencana menjadi salah satu prioritas yang harus dilaksanakan jika terpilih menjadi Bupati di Kabupaten Pesisir Barat. Peristiwa gempa Liwa tahun 1994 dan tsunami Aceh 2004 yang memakan banyak korban menjadi rujukan betapa pentingnya mitigasi bencana.

"Pesisir Barat merupakan kawasan yang dilalui patahan atau Sesar Semangka dan langsung berhadapan dengan Samudera Indonesia dan tumbukan lempeng Samudra Indo-Australia dan lempeng euroasiawan mengakibatkan rawan gempa dan tsunami," terang Oking lewat rilisnya, Minggu (2/8).

Menurut Oking, bencana di wilayah pesisir sejatinya tidak hanya berupa gempa dan tsunami, tetapi ada gelombang pasang, banjir, kenaikan muka air laut akibat global warming, dan erosi pantai.

"Strategi mitigasi bencana gelombang pasang dan tsunami dapat dilakukan dengan tiga cara. Pertama, meredam gelombang. Kedua, pembuatan sistem peringatan dini (early warning system) yang handal. Dan ketiga, adalah pembelajaran tentang bencana sekaligus cara menghindarinya," lanjut Cabup koalisis PDIP da PKPI ini.

Pembelajaran tentang kebencanaan dapat dilakukan dengan memberikan pengetahuan bencana sejak usia sekolah dasar, sosialisasi terhadap masyarakat di sekitar daerah rawan bencana, dan melakukan latihan evakuasi jika terjadi bencana.

"Hal itu juga harus didukung dengan pembangunan infrastruktur kebencanaan (twes, titik perlindungan, rambu-rambu, jalur evakuasi, sea wall dll). Kearifan lokal juga harus dilestarikan. Smong di Simeulue menjadi contoh," pungkas Ketua DPC PDIP Pesisir Barat ini.

Selain program mitigasi bencana, pasangan Oking Ganda Miharja dan Irawan Topani (Oking TOP) juga mengkampanyekan beberapa program unggulan. Diantaranya, pembentukan BUMD kelistrikan sebagai solusi permasalahan listrik, Kartu Tani dan Nelayan Sejahtera (KTS dn KNS) untuk mengatasi kelangkaan pupuk dan BBM bersubsidi bagi petani dan nelayan di Pesisir Barat. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA